Departemen Ilmu Kesehatan Anak

Profil

Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UAD berfokus pada pendidikan, penelitian, dan pelayanan di bidang kesehatan anak. Departemen ini bertujuan untuk membekali mahasiswa kedokteran dengan kompetensi dalam memahami tumbuh kembang anak, diagnosis dan tata laksana penyakit pediatri, serta aspek pencegahan dan promotif kesehatan anak.

Departemen IKA menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana dengan metode Problem Based Learning (PBL). Pada pendidikan profesi, Departemen IKA menyelenggarakan proses pembelajaran bersama dokter pendidik klinis di tahap profesi di RS pendidikan FK UAD. Proses pembelajaran dilakukan selama 11 minggu melalui berbagai kegiatan seperti bedside teaching, presentasi manajemen kasus, pembacaan jurnal, direct observasional procedural skill (DOPS), mini Cex, refleksi kasus, serta kegiatan pelayanan pasien di poliklinik, bangsal, maupun IGD. Departemen Ilmu Kesehatan Anak juga ikut berperan serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan/ workshop, seminar maupun pertemuan lainnya.

Sasaran Mutu

  • Menyusun kurikulum yang sesuai dengan kompetensi inti yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan anak, memastikan lulusan memiliki kemampuan klinis dan pengetahuan yang memadai
  • Mengimplementasikan metode pembelajaran seperti tutorial berbasis masalah, praktikum klinis, kuliah interaktif, dan diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa.
  • Melakukan evaluasi berkala terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa, serta menerapkan sistem penjaminan mutu internal untuk memastikan standar pendidikan yang tinggi.
  • Menyediakan program pengembangan bagi staf pengajar untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja, termasuk pelatihan, workshop, dan kesempatan penelitian.
  • Menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian.
  • Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses pendidikan
  • Melibatkan seluruh civitas akademika dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu kesehatan anak
  • Mahasiswa memahami teori ilmu kesehatan anak dengan baik, memiliki keterampilan yang memadai dalam melaksanakan pemeriksaan terkait anak

Keunggulan

  • Dilengkapi dengan bahan ajar, dan praktikum yang memadai akan keberlanjutan ilmu kesehatan anak
  • Mengedepankan pendekatan etik dan humanis yang berbasis nilai-nilai Islam dalam pelayanan kesehatan anak.

Struktur Organisasi

Kepala Departemen:

dr. Nurcholid Umam K, Sp.A, M.Sc