• Website UAD
  • Login PORTAL
  • CME
  • Portal Alumni
  • Journal
  • Admisi & PMB
    • Admisi
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
      • S1 Kedokteran
      • Profesi Kedokteran
  • en
  • id
Fakultas Kedokteran
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Kontak
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Departemen
    • Struktur Organisasi
    • Fasilitas Ruang
    • Staf
      • Dosen
      • Tenaga Kependidikan
  • AKADEMIK
    • Prodi Kedokteran
    • Kurikulum
      • Kurikulum S1 Kedokteran
      • Kurikulum Profesi Kedokteran
    • Program Profesi Dokter
      • Wahana Pendidikan
      • Jadwal Rotasi Klinik
    • MEU
    • Pedoman Akademik
    • Jadwal Kuliah
      • Jadwal Kuliah Prodi S1
      • Jadwal Rotasi Klinik Prodi Profesi
    • Roadmap Penelitian
      • Roadmap penelitian FK UAD 2018-2023
      • Roadmap penelitian FK UAD 2023-2028
  • MAHASISWA
    • E-Learning
    • Prestasi Mahasiswa
    • Kegiatan Mahasiswa
    • Alumni
    • Organisasi Mahasiswa
  • LAYANAN
    • Tata Tertib dan Alur Pelayanan
    • Dosen
      • Surat Tugas Dosen
    • Mahasiswa dan Alumni
    • Konseling
    • Perpustakaan
      • Koleksi Buku
      • Artikel Jurnal
      • Opac
      • Simpus
    • Peminjaman Ruang
      • Peminjaman Amphiteater
      • Peminjaman Ruang Kelas/Ruang Tutorial
      • Peminjaman Ruang Podcast
    • Peminjaman Alat
      • Peminjaman Alat Kantor Fakultas
      • Peminjaman Alat Tata Usaha
  • KANAL SKRIPSI
    • Tugas Akhir Berbasis Publikasi
    • Buku Panduan Skripsi
    • Ketentuan Skripsi
    • Form Pengajuan Judul dan Pembimbing
    • Yudisium Judul Skripsi
    • Alur Ujian Proposal dan Skripsi Online
    • Syarat Ujian Proposal & Skripsi
    • Alur Upload Revisi Naskah Proposal, Skripsi, dan Publikasi
    • Formulir / Blangko Skripsi
    • Form Pengajuan Surat
      • Form Pengajuan Surat Penelitian
      • Form Pengajuan Ethical Clearance
  • KERJASAMA
    • Kerjasama Luar Negeri
    • Kerjasama Dalam Negeri
  • YUDISIUM
    • Pengumuman Yudisium S1
    • Pengumuman Yudisium Profesi
    • Syarat Yudisium S1
    • Syarat Yudisium Profesi
    • Blangko Wisuda
  • LABORATORIUM
    • Alur Layanan Peminjaman Penelitian
    • Alur Layanan Peminjaman PKM
    • Surat Bebas Laboratorium
      • Cuti / Pengunduran Diri
      • Yudisium
    • Keterampilan Klinis
      • Tata Tertib
      • Peminjaman Ruang
      • Pengambilan Peminjaman Alat & Manekin
      • Jadwal Kegiatan Keterampilan Klinis
        • Pengembalian Peminjaman Alat & Manekin
    • Biomedis
      • Tata Tertib
      • Pengambilan Peminjaman Alat & Manekin
      • Pengambilan Peminjaman Alat & Manekin
      • Jadwal Laboratorium Biomedis
      • Laboratorium Biomedis
    • Kebencanaan
    • CBT
  • Menu Menu

FK UAD Menggelar Pelatihan Etika Emosi dan Sosial yang Santai tapi Mengena

Mei 19, 2025/by Heny Rahayu

 

Sebagai upaya menanggulangi berbagai macam fenomena sosial di media digital, Fakultas Kedokteran UAD mengadakan acara Pelatihan Etika Mahasiswa. Dengan mengangkat tema “Santai tapi Peka: Pelatihan Emosi dan Sosial Kekinian”, FK UAD bertujuan membekali mahasiswanya dengan softskill pengendalian emosi dan etika sosial di media digital. Pelatihan ini diadakan selama dua hari, 09-10 Mei 2025, bertempat di Amphiteater A dan B Gedung Fakultas Kedokteran UAD. Pada hari kedua, pelatihan ini juga diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan yang materinya menitik beratkan pada Gap Generation.

Pelatihan ini mengundang tiga narasumber yang telah pakar di bidangnya masing-masing. Narasumber pertama adalah Dr. Muhammad Najih Farihanto S.I.Kom., MA, yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi di Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) UAD sekaligus influencer di media sosial Tiktok dan Instagram. Narasumber kedua adalah dr. Widea Rossi Desvita, Sp.KJ, seorang psikiater sekaligus dosen aktif di FK UAD. Dengan pengalaman beliau yang telah lama menjadi klinisi, beliau memberikan insight pengendalian emosi, khususnya bagi mahasiswa kedokteran. Narasumber ketiga adalah dr. Windy Aristiani, Sp. KJ. dari departemen psikiatri.

Etika Komunikasi di Era Digital

FOTO PEMATERI DR. MUH. NAJIH

Di awal pemaparannya, Dr. Muh. Najih Farihanto, S.I.Kom., M.A menyampaikan berbagai macam tantangan yang dihadapi para pengguna media sosial (medsos). Tantangan pertama adalah maraknya fenomena sosial di media digital yang perlu kita waspadai, seperti cyber crime, hoax, post-truth, dan akun alter. Tantangan kedua, tiap medsos memiliki karakteristiknya tersendiri sehingga pengguna harus bisa menyesuaikan diri. Tantangan ketiga datang dari karakteristik pengguna sosmed itu sendiri, terutama Gen Z. Ketiga tantangan tersebut seharusnya membuat mahasiswa sebagai pengguna aktif medsos lebih waspada dan lebih bijak dalam bersosial media. 

Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki pemahaman yang baik mengenai etika sosial media sehingga bisa terhindar dari masalah-masalah yang mungkin timbul. Etika yang bisa diterapkan mahasiswa dalam menggunakan media sosial seperti:

  • Melakukan pemilihan kata yang bijak
  • Menghindari SARA, pornografi, dan kekerasan
  • Membatasi informasi pribadi (tidak semua hal kita bagikan di media sosial)
  • Selalu crosscheck informasi yang didapat
  • Memahami etika profesi masing-masing, apalagi hal yang sensitif. Perhatikan persepsi orang lain yang akan mendapatkan informasi tersebut

Santai tapi Peka: Pelatihan Emosi dan Sosial Kekinian

FOTO PEMATERI dr. WIDEA

Mengutip materi yang disampaikan oleh dr. Widea, dunia mahasiswa kedokteran sangatlah dinamis sehingga seringkali menyebabkan mahasiswa emosi dan akhirnya meluapkan emosi tersebut ke media sosial. Luapan emosi merupakan hal yang sepenuhnya wajar. Akan tetapi, bisa menjadi tidak wajar apabila mahasiswa tidak bisa mengelolanya dengan baik. 

Mahasiswa sering menjadikan medsos sebagai tempat untuk meluapkan emosi. Dengan melakukan hal tersebut, mahasiswa bisa memperoleh kelegaan dari emosi dirasakan Akan tetapi, perlu diketahui bahwa perilaku seperti itu bisa menimbulkan efek. Salah satunya adalah bisa menimbulkan persepsi negatif dari orang lain ke diri kita. Maksudnya adalah, luapan emosi yang kita curahkan di medsos akan kembali lagi ke diri kita dalam bentuk persepsi negatif dari orang lain. Hal ini tentu saja merugikan kita. 

Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan emosi yang baik oleh mahasiswa kedokteran. Terdapat beberapa cara yang disampaikan oleh dr. Widea terkait penanganan emosi:

  • Sharing dengan orang lain
  • Menulis (journaling) atau menggambar 
  • Self talk
  • Meditasi untuk meredamkan pikiran
  • Meyakini bahwa suatu kejadian pasti ada hikmahnya.

Bijak Berekspresi dalam Social Media Practice

FOTO PEMATERI dr. WINDY

Di awal materi, dr. Windy Aristiani, Sp. KJ menyampaikan bahwa media sosial sering dijadikan sebagai tempat untuk meluapkan emosi. Hal ini bisa menimbulkan dampak positif kepada kesehatan mental, tetapi juga bisa menimbulkan dampak negatif. Positifnya, kita bisa mendapat dukungan dari pengguna medsos lain dan memberikan kelegaan. Akan tetapi, terlalu sering berekspresi dalam medsos malah akan menyebabkan emosi tidak terkelola dengan sehat. Dalam hal ini, penting bagi para pengguna medsos seperti mahasiswa untuk memahami batasan dalam berbagi di media sosial. 

  1. Windy juga meng-highlight perbedaan antara perilaku responsif dan reactive dalam bersosial media. Responsif adalah ekspresi emosional yang melibatkan pemikiran sehingga individu tersebut dapat mengontrol emosinya. Berbeda dengan responsif, reactive adalah ekspresi emosional langsung terhadap stimulus tanpa dipikirkan dengan matang. Perilaku reactive inilah yang kebanyakan dilakukan oleh para pengguna media sosial dan perlu dikelola dengan bijak.

Ada beberapa strategi yang disampaikan oleh dr. Windy supaya mahasiswa dapat mengekspresikan emosi secara bijak antara lain:

  • Refleksi diri mengenai emosi yang dirasakan dan penyebabnya
  • Senantiasa memilih kata dengan bijak
  • Mempertimbangkan audiens yang akan melihat postingan kita
  • Menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk mengekspresikan emosi kita di media sosial 

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill pengelolaan emosi bagi mahasiswa, dosen, dan tendik sekaligus memberikan pemahaman dan etika bersosial media. Selain itu, pelatihan ini sebagai bentuk menciptakan suasana akademik yang baik di Fakultas Kedokteran UAD. (Shaldhan & Heny)

Tags: #Dokter, #FakultasKedokteranUAD, #FKUAD, #Medis, #Muhammadiyah, #Tauhid, #UADYogyakarta, #UniversitasAhmadDahlan, #WeAreUAD
https://fk.uad.ac.id/wp-content/uploads/Etika-1.jpg 1600 1280 Heny Rahayu https://fk.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-fk-uad-1.png Heny Rahayu2025-05-19 14:09:202025-05-19 14:09:20FK UAD Menggelar Pelatihan Etika Emosi dan Sosial yang Santai tapi Mengena
You might also like
Informasi Ketetapan Aktivasi Portal Mahasiswa
Syawalan 1446 H sebagai Momentum Memperkuat Ukhuwah Keluarga Besar UAD
Angkatan Pertama FK UAD Lulus 100% pada UKMPPD Periode Februari 2025
TBM Bregma FK UAD Turut Serta dalam Jambore Wilayah 3 Tahun 2025: Jenggala
Pramudya Wijaya, Mahasiswa Kedokteran UAD Raih Juara 3 Menyanyi Solo Pop Putra Dalam Ajang Peksimida
FK UAD Luluskan 27 Dokter Baru dalam Sumpah Dokter Perdana

Berita Terbaru

  • FK UAD Menggelar Pelatihan Etika Emosi dan Sosial yang Santai tapi MengenaMei 19, 2025 - 2:09 pm
  • Mengulas Kembali Pembelajaran Tutorial, FK UAD Mengadakan Tutorial of Tutor bagi DosenMei 9, 2025 - 2:39 pm
  • TBM Bregma FK UAD Turut Serta dalam Jambore Wilayah 3 Tahun 2025: JenggalaMei 6, 2025 - 12:14 pm
  • Gelar Puncak Acara Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2025 DIY di UADMei 2, 2025 - 3:58 pm
  • FK UAD Gelar Diskusi Panel Multidisipliner Bahas KDRT, Kekerasan Seksual, dan Perdagangan ManusiaMei 2, 2025 - 3:46 pm

Kampus 4

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55191
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille : 0274-564604
Email : fk[at]uad.ac.id

Informasi Tentang

Universitas Ahmad dahlan

Portal Akademik

Calon Mahasiswa

Jadwal Kuliah

Kuliah Online

Journal @UAD

Digital Library

Repository

Conference @UAD

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

Scroll to top