“AMRETA” merupakan kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat yang  dilakukan selama tiga hari pada hari Jum’at-Minggu pada tanggal 7-9 Januari 2022 di Sompok, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan yang dikoordinir oleh departemen Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) BEMF-Kedokteran UAD periode 2021/2022 ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan yang mengangkat tema “Mengabdi dengan Hati, Berbakti untuk Negeri”.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini dimulai dengan Srawung pada hari Jum’at, 7 Januari 2022. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk “permisi” atau ramah tamah dan ucapan terima kasih kepada Dusun Sompok yang telah mengizinkan kami untuk melakukan kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi Kedokteran, dr. M. Junaidy Heriyanto, Sp. B, FINACS, tokoh masyarakat seperti Kepala Dukuh Sompok, Ketua Karang Taruna, ib-ibu PKK, dan perwakilan warga desa yang lainnya. Selain beramah-tamah, kegiatan ini berisikan tentang pemaparan konsep kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekaligus dibukanya rangkaian kegiatan bakti sosial AMRETA 2022.

Hari kedua, Sabtu, 8 Januari 2022, merupakan kegiatan penyuluhan tanggap bencana yang diisi langsung oleh dosen Fakultas Kedokteran UAD yaitu dr. M. Yusuf Arrozi. M. Sc dengan materi banjir dan longsor dengan sasaran penyuluhan ini yaitu Karang Taruna Sompok. Peserta aktif menyimak dan berdiskusi terkait materi yang disampaikan, salah satu warga menyatakan bahwa materi yang dibawakan sangat cocok bagi masyarakat Sompok mengingat letak geografis dan Riwayat bencana yang pernah terjadi di daerah ini.

Terakhir, hari ketiga pada Minggu, 9 Januari 2022. Kegiatan di hari tersebut diantaranya adalah lomba mewarnai, jalan sehat, pemeriksaan dan pengobatan gratis, serta bazar. Pertama, lomba mewarnai. Lomba ini ditujukan untuk anak-anak Sompok usia TK dengan mewarnai kertas berisi gambar yang dibagikan oleh panitia dan diwarnai oleh dua anak. Kedua, jalan sehat. Jalan sehat ini merupakan kegiatan dari desa yang dikolaborasikan bersama kegiatan bakti sosial AMRETA. Jalan sehat ini dihandle langsung dari Karang Taruna Sompok. Saat orang tua jalan sehatn, secara bersamaan anak-anak bisa mengikuti perlombaan mewarnai pendopo.

Ketiga, pemeriksaan dan pengobatan gratis. Setelah jalan sehat selesai, orang tua dapat melakukan pemeriksaan dengan cara mendaftarkan diri mereka pada bagian pendaftaran. Identitas mereka akan dicatat pada daftar hadir pasien dan rekam medis. Selain itu mereka juga diberi nomor antrean dan membawa kartu rekam medis yang sudah diisikan oleh bagian kesekretariatan. Kemudian mereka diarahkan untuk melakukan pengecekan suhu dan tensi oleh volunteer.

Setelah dilakukan pemeriksaan, warga memasuki bagian pengobatan bersama empat dosen FK UAD yaitu. Amanatus Solikhah, Sp.PK., M.Sc, dr. RR. Wiwara Awisarita, MMR, dr. Leonny Dwi Rizkita, M.Biomed, serta dr. Elvina Prisila, Sp.Rad., M.Kes. Mereka diarahkan oleh satu panita yang menjadi LO dokter untuk menempati bagian kosong dan diperiksa oleh dokter. Setelah didiagnosis dan diberikan resep, rekam medis diberikan pada bagian farmasi. Panitia akan membaca resep, membawa obat. dan menuliskan resep obat kepada pasien. Setelah obat dimasukkan plastik dan dituliskan aturan minum, panitia akan memanggil pasien dan menjelaskan sedikit terkait obat yang diminumnya.

Terakhir, bazar. Bazar dilakukan setelah pengobatan selesai. Bazar sembako ini dilakukan dengan warga yang membeli sembako dengan harga yang sangat miring. Bazar sembako ini berisikan beras, gula, telur, minyak, sarden, dan sebagainya. Warga yang mengikuti bazar ini diberikan batasan pembelian. “Harapannya, peran serta mahasiswa dapat memberikan kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat Dusun Sompok,  karena sejatinya pengabdian adalah bagian dari mahasiswa itu sendiri, selamat teman-teman telah menunaikan salah satu tridharma perguruan tinggi! Karena sedikit air yang kupunya, milikmu juga bersama!” tutup Thalia Diva selaku Ketua Panitia kegiatan AMRETA 2022.